RSS
Write some words about you and your blog here

Aliran- aliran Seni Rupa

Berbagai aliran dan gaya lukis muncul seiring dengan perkembangan zaman, cara berpkir dan cara seniman mengekspresikan jiwanya melalui karya seni rup. Aliran tersebut antara lain:

1. aliran primitive
aliran ini menampilkan bentuk yang sanga sederhana, kaku, jujur, dan murni. Aliran ini masih bersifat magis, sibolis, dan reuligius. Senimannyapun tidak pernah mengalami pendidika formal dan mereka cenderung untuk tidak menuliska nama pada karya yang mereka buat.
Tokohnya : Ketut Boko
2. aliran naturalis
aliran ini timbul sekitar abad ke 15 di Yunani, italic. Lukisan ini di buat sesuai dengan keadaan alam yang sebenarnya sehingga terikat oleh hokum proporsi, anatomi dan perspektif. Lukisan ini mengungkapkan kesan kemiripan bahkan ketepatan sebagaimana mata melihat kepada objek yang sesungguhnya.
Tokohnya : Leonardo Da Vinci, Michael Angelo, Rembrant, Basuki Abdullah, Abdullah SR.
3. aliran realis
realisme merupakan perkembanga lebih lanjut dari aliran naturalis yang timbl sekitar pertengahan abad ke 7. aliaran ini melukiska kenyataan secara riil tanpa diadakan perubahan sediktpun (tanpa dibagus-baguskan), dibedakan atas:
- realisme romantis : aliran yang menampilkan bentuk-bentuk yang indah dan menyenangkan baik warna atau bentuknya.
- realisme fotografis : aliran yang menampilkan objek utamanya manusia denga hasil goresan dan warna menyerupai foto.
- realisme sosialis : aliran yang menampilkan objek utamanyamanusia dan kondidi kehidupan social masyarakatnya.
- realisme baru : aliran yang menampilkan bentuk 3 dimensi atau bentuk-bentuk ruang.
4. aliran impresionis
aliran ini timbul pada abad ke 16 di perancis. Aliran ini merupakan hasil ungkapan kesan-kesan seniman dari apa yang diamati dan dihayati dari alam sekitar secara langsung dan garis dengan menghilangkan bagia-bagian kecil-kecil aliran ini lebih mengutamakan pantulan cahayanya.
Tokohnya : Pissaro, Glaude Monet, Popo Iskandar, Jeihan.
5. aliran ekspresionis
aliran ini mengutamakan curahan perasaan seniman dengan sebebas-bebasnya dan tidak terikat oleh hokum-hukum proporsi, anatomi di Jerman aliran ini mengungkapkan warna-warna yang suram sehingga membangkitkan kesan seram.
Tokohnya : Paul klee, Wassily Kandinsky, Hendri Mottise, Affandi.
6. aliran kubis
aliran ini timbul pada abad ke 20 di Perancis. Aliran ini tidak terikat lagi oleh warna dan bentuk yagada pada alam sekitarnya. Dimana menonjolkan segi-segi dengan warna yang bersifat subjektif yang menggambarkan ketenangan monumental.
Tokohnya : GeorgeBraque, Pablo Picasso, Juan Gris.
7. aliran futuris
aliran ini berkembang tahun 1909-1911 di Italia. Aliran ini mengutamakan gerak dan khayalan masa yang akan dating dengan bersemboyan dinamis dan lebih banyak dikembangkan di italaia.
Tokohnya : Umberto Bocciani, Suverinni, Carro Sarra.
8. aliran surealis
aliran ini memberikan kebebasan seutuhnya pada seniman sampai diluar batas kesadaran atau kenyataan manusia, bagaikan orang bermimpi. Bentuk lukisannya merupakan susunan dari bentu-bentuk yag realistis tetapi bersifat aneh, menakutkan dan menyeramkan.
Tokohnya : Joan miro, Selvador Dalli, Sudibio
9. aliran abstrak
aliran ini bertolak dari dalambatin seniman, biasanya hanya merupakan susunan garis-garis, bidang warna yang ndah. Aliran abstrak dibedakan atas :
a. abstrak Figuratif : di buat dengan meniru bentuk-bentuk yang ada di alam
b. abstrak nonfigurative : menampilkan bentuk-bentuk yang tidak ada didalam.
Tokohnya : Piet Mondrian, Newman, Jackson Pollock, Amri Yahya
10. aliran dekoratif
aliran ini menampilkan unsure garis secara tegas dengan penawaran yang merata dan cenderung untuk menhias. Aliran dekoratif dibedakan atas :
a. Dekoratif Figuratif
b. Dekoratif Non Figuratif

0 komentar:

Poskan Komentar